PELATIHAN TENAGA PENDIDIK PAUD
Pengembangan PAUD yang baik apabila didukung dengan manajemen PAUD dan
tenaga SDM yang memadai. Untuk ini akan dilakukan pelatihan tentang
manajemen PAUD dan tenaga pengajar PAUD yang berasal dari Pos PAUD terpadu ( PPT ) dan Kelompok Bermain ( KB ),Pelatihan diberikan selama 1 (satu) minggu setara dengan 200 jam
pelajaran. Materi pembelajaran guru PAUD antara lain :
- Pemahaman Kurikulum Terpadu PAUD
- Pengelolaan Kelas Sentra dan kelompok di PAUD
- Pemahaman Materi PAUD
- Ketrampilan dan Kreatifitas di PAUD
- Pengelolaan Administrasi PAUD
- Pembuatan APE berbahan limbah
- Praktek mengajar dan Seni di PAUD
Untuk meningkatkan kemampuan dan soft skill para calon guru PAUD yang akan dan Sudah mengajar pada PAUD ,BPNFI PAUDNI REGIONAL II bekerjasama dengan Dinas Pendidikan kota Surabayamengadakan pelatihan tenaga pendidik dilingkungan PAUD,Acara dibuka pada hari senen,tanggal 10 Juni 2013 pukul 09.00 dan berakhir hari Jum'ah 14 Juni 2013 pukul 17.00 wib
Materi pertama disampaikan oleh Ibu Hj. Rukiyah dengan tema materi Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, yang menjelaskan pentingnya pendidikan untuk anak-anak khususnya umur sampai 5 tahun, karena perkembangan kecerdasan di tingkat umur tersebut adalah yang paling tinggi. Materi dilanjutkan dengan presentasi dari Ibu Peggy dengan tema Cara Belajar Anak Usia Dini. Di materi ini para peserta diajarkan mengajak anak – anak belajar dengan pola bermain, menyanyi, dan beraktivitas sosial . Pukul 17.00 acara ditutup dan dilanjutkan di hari kedua.
Hari kedua dimulai dengan materi Kurikulum PAUD yang disampaikan oleh Hj. Reni. Di materi ini dijelaskan bagaimana menyusun kurikulum, bahan ajar yang harus disampaikan kepada anak-anak. Serta menyusun time schedule yang rapi. Materi dilanjutkan dengan Menyanyi dan Gerak Lagu yang disampaikan Ibu Rasiyem. Disini, para peserta dikenalkan dengan lagu-lagu dan permainan yang populer diajarkan di taman kanak-kanak dan PAUD.
Hari ketiga dimulai dengan observasi para peserta yang langsung meninjau dan melihat cara mengajar guru – guru di PAUD, dari kegiatan observasi ini diharapkan para peserta dapat melihat langsung objek yang akan diajar. Materi dilanjutkan dengan Perencanaan dan Pembelajaran oleh Ibu Hj. Reni yang memuat bagaimana job deskripsi guru PAUD dalam mengajar, apa yang harus disiapkan sebelm mengajara serta menyusun dokumen serta perlengkapan untuk mendukung kegiatan belajar. Materi berikutnya disampaikan oleh Ibu Peggy dengan tema materi Pembuatan dan Pemanfaatan APE, APE merupakan Alat Permainan Edukatif , disini dijelaskan oleh Ibu Peggy, bahwa barang - barang di sekitar kita bisa dimanfaatkan sebagai APE, tinggal bagaimana secara kreatif kita memanfaatkannya. APE yang dipakai untuk anak-anak PAUD adalah APE yang tidak berbahaya bila dipakai oleh anak-anak, tidak mengandung unsur benda tajam dan lain-lain. APE juga bisa mengembangkan sisi psikomotorik anak agar lebih cerdas dan cepat tanggap.
Hari keempat diisi dengan observasi lanjutan, di observasi ini para peserta diperbolehkan untuk langsung berinteraksi dengan anak-anak, menyapa dan memberikan insruksi dengan anak-anak. Selesai observasi materi dilanjutkan dengan tema Evaluasi Pembelajaran yang menjelaskan adanya evaluasi untuk perkembanga kemampua setiap anak didik, mulai dari perkembangan kebiasaan ke arah positif, serta perkembangan perilaku sehari-hari di rumah. Evaluasi dibuat dalam bentuk tertulisyang dilaporkan setiap minggu, dan setiap anak akan mendapatkan predikat tertentu setiap minggunya tergantung perkembangannya.Materi dilanjutkan dengan tema Administrasi PAUD yang disampaikan oleh Ibu rasiyem yang berisi dokumen-dokumen apa saja yang harus ada dalam pelaksanaan PAUD seperti buku absen harian, buku catatan perkembang, rapor bulanan, dan lain-lain
Hari kelima dimulai dengan simulasi, peserta diberikan kelompok anak-anak untuk dikelola dan dibuat rancangn penilaian untuk masing-masing anak,dari pertemua hari pertama, materi yang telah diajarkan diaplikasikan pada simulasi, bagaimana menguasai kelas, memimpin bernyanyi serta mendampingi anak-aak saat diberi instruksi tugas. Materi pertama di hari kelima disampaikan oleh Ibu Rasiyem mengenai Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini yang menjelaskan pentingnya menjadga kesehatan anak-anak bahkan dari hal sederhana seperti mencuci tangan. Materi terakhir disampaikan oleh Ibu Peggy mengenai Penataan Ruang dan APE PAUD yang menjabarkan cara menyusun tata letak ruangan , memposisikan APE, dan mengatur posisi perlengkapan di ruangan PAUD. Acara berakhir pukul 17.00 dan ditutup oleh Ibu Rukiyah yang mewakili LPM Unesa.
Selama pelatihan, antusiasme para peserta terlihat sangat besar, dilihat dari aktif nya bertanya, kemudian kreatifitas dalam membuat alat peraga permainan serta menyusun dokumen dokumen, dan keaktifan dalam mengikuti simulasi gerak dan lagu. digarapkan dari pelatihan ini nantinya, para calon guru PAUD telah benar-benar siap untuk mengajar dan membimbing anak-anak serta mengelola PAUD yang akan dibangun di desa masing-masing
- Pemahaman Kurikulum Terpadu PAUD
- Pengelolaan Kelas Sentra dan kelompok di PAUD
- Pemahaman Materi PAUD
- Ketrampilan dan Kreatifitas di PAUD
- Pengelolaan Administrasi PAUD
- Pembuatan APE berbahan limbah
- Praktek mengajar dan Seni di PAUD
Untuk meningkatkan kemampuan dan soft skill para calon guru PAUD yang akan dan Sudah mengajar pada PAUD ,BPNFI PAUDNI REGIONAL II bekerjasama dengan Dinas Pendidikan kota Surabayamengadakan pelatihan tenaga pendidik dilingkungan PAUD,Acara dibuka pada hari senen,tanggal 10 Juni 2013 pukul 09.00 dan berakhir hari Jum'ah 14 Juni 2013 pukul 17.00 wib
Materi pertama disampaikan oleh Ibu Hj. Rukiyah dengan tema materi Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, yang menjelaskan pentingnya pendidikan untuk anak-anak khususnya umur sampai 5 tahun, karena perkembangan kecerdasan di tingkat umur tersebut adalah yang paling tinggi. Materi dilanjutkan dengan presentasi dari Ibu Peggy dengan tema Cara Belajar Anak Usia Dini. Di materi ini para peserta diajarkan mengajak anak – anak belajar dengan pola bermain, menyanyi, dan beraktivitas sosial . Pukul 17.00 acara ditutup dan dilanjutkan di hari kedua.
Hari kedua dimulai dengan materi Kurikulum PAUD yang disampaikan oleh Hj. Reni. Di materi ini dijelaskan bagaimana menyusun kurikulum, bahan ajar yang harus disampaikan kepada anak-anak. Serta menyusun time schedule yang rapi. Materi dilanjutkan dengan Menyanyi dan Gerak Lagu yang disampaikan Ibu Rasiyem. Disini, para peserta dikenalkan dengan lagu-lagu dan permainan yang populer diajarkan di taman kanak-kanak dan PAUD.
Hari ketiga dimulai dengan observasi para peserta yang langsung meninjau dan melihat cara mengajar guru – guru di PAUD, dari kegiatan observasi ini diharapkan para peserta dapat melihat langsung objek yang akan diajar. Materi dilanjutkan dengan Perencanaan dan Pembelajaran oleh Ibu Hj. Reni yang memuat bagaimana job deskripsi guru PAUD dalam mengajar, apa yang harus disiapkan sebelm mengajara serta menyusun dokumen serta perlengkapan untuk mendukung kegiatan belajar. Materi berikutnya disampaikan oleh Ibu Peggy dengan tema materi Pembuatan dan Pemanfaatan APE, APE merupakan Alat Permainan Edukatif , disini dijelaskan oleh Ibu Peggy, bahwa barang - barang di sekitar kita bisa dimanfaatkan sebagai APE, tinggal bagaimana secara kreatif kita memanfaatkannya. APE yang dipakai untuk anak-anak PAUD adalah APE yang tidak berbahaya bila dipakai oleh anak-anak, tidak mengandung unsur benda tajam dan lain-lain. APE juga bisa mengembangkan sisi psikomotorik anak agar lebih cerdas dan cepat tanggap.
Hari keempat diisi dengan observasi lanjutan, di observasi ini para peserta diperbolehkan untuk langsung berinteraksi dengan anak-anak, menyapa dan memberikan insruksi dengan anak-anak. Selesai observasi materi dilanjutkan dengan tema Evaluasi Pembelajaran yang menjelaskan adanya evaluasi untuk perkembanga kemampua setiap anak didik, mulai dari perkembangan kebiasaan ke arah positif, serta perkembangan perilaku sehari-hari di rumah. Evaluasi dibuat dalam bentuk tertulisyang dilaporkan setiap minggu, dan setiap anak akan mendapatkan predikat tertentu setiap minggunya tergantung perkembangannya.Materi dilanjutkan dengan tema Administrasi PAUD yang disampaikan oleh Ibu rasiyem yang berisi dokumen-dokumen apa saja yang harus ada dalam pelaksanaan PAUD seperti buku absen harian, buku catatan perkembang, rapor bulanan, dan lain-lain
Hari kelima dimulai dengan simulasi, peserta diberikan kelompok anak-anak untuk dikelola dan dibuat rancangn penilaian untuk masing-masing anak,dari pertemua hari pertama, materi yang telah diajarkan diaplikasikan pada simulasi, bagaimana menguasai kelas, memimpin bernyanyi serta mendampingi anak-aak saat diberi instruksi tugas. Materi pertama di hari kelima disampaikan oleh Ibu Rasiyem mengenai Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini yang menjelaskan pentingnya menjadga kesehatan anak-anak bahkan dari hal sederhana seperti mencuci tangan. Materi terakhir disampaikan oleh Ibu Peggy mengenai Penataan Ruang dan APE PAUD yang menjabarkan cara menyusun tata letak ruangan , memposisikan APE, dan mengatur posisi perlengkapan di ruangan PAUD. Acara berakhir pukul 17.00 dan ditutup oleh Ibu Rukiyah yang mewakili LPM Unesa.
Selama pelatihan, antusiasme para peserta terlihat sangat besar, dilihat dari aktif nya bertanya, kemudian kreatifitas dalam membuat alat peraga permainan serta menyusun dokumen dokumen, dan keaktifan dalam mengikuti simulasi gerak dan lagu. digarapkan dari pelatihan ini nantinya, para calon guru PAUD telah benar-benar siap untuk mengajar dan membimbing anak-anak serta mengelola PAUD yang akan dibangun di desa masing-masing
No comments:
Post a Comment