CARA MENULIS CERPEN



Ceria Ramadhan 1434 H, kali ini agak berbeda sebab KKG PAI Surabaya sudah   menginstruksikan akan ada lomba cerpen islami tingkat kota Surabaya sehingga sejak awal ramadhan semua sekolah – sekolah giat membimbing siswanya untuk menulis namun tidak sedikit  yang bertanya kepada saya tentang bagaimana cara menulis cerpen , yang inspirasinya ngalir terus sehingga kita tidak pernah nganggur nulis. Jawaban saya, salah satunya, akan saya arahkan pikiran si penanya untuk melihat sebuah berita.
Berita merupakan sumber ide cerita yang kaya inspirasi. Sebab banyak sekali sumbernya. Seperti koran, majalah, radio, televisi, internet dan lain-lain. Juga banyak sekali peristiwa di dalamnya. Mulai dari berita ringan sampe berita berat… dari berita selebriti dan hobi sampai berita politik dan kriminal… semuanya adalah sumber inspirasi menulis cerpen.
Hampir semua berita adalah bahan cerita yang menarik. Sebagai  contoh, berita penentuan awal puasa. Anda bisa teliti berita itu dengan memerhatikan siapa saja yang terlibat? Kapan, berapa lama, siapa penentunya ,bagaimana mereka menentukannya dan apa kendalanya.
Jika informasi itu tidak ada dalam berita, temukan jawabannya dengan cara menggunakan senjata 5w + 1h, yaitu What, Why, Who, When, Where, dan How. Anda bisa browsing di google untuk mencari berita yang berkaitan dengan cara ini.
Membuat Berita Menjadi Cerita
Tugas berikutnya adalah membuat berita menjadi cerita. Kita dapat mengubah berita sesuka hati kita sesuai dengan cerita yang kita inginkan dan apa yang kita bayangkan.
Misalnya: Bila beritanya tentang penentuan awal puasa oleh pemerintah dalam hal ini Departemen Agama, kita ganti menjadi sebuah cerita penentuan awal puasa oleh 4 sekawan,Kita tambahkan berita dengan bumbu-bumbu, misalnya, 4 sekawan tersebut adalah sahabat karib yang mencoba menentukan awal puasa dengan cara melihat bulan sesuai nasehat bu guru agama disekolahnya dan ternyata walaupun tidak menggunakan teropong / alat lain ,bulan bisa dilihat sehingga bsok pagi kita sudah bisa mengawali puasa. Ini artinya, kita mengubah fakta menjadi fiksi.
Bila berita alurnya datar, maka Kita ubah alur ceritanya menjadi sebuah petualangan seru dengan melibatkan tokoh lain, misalnya, dengan tantangan berat menghadapi srigala. Intinya kita bisa memoles berita itu sesuai dengan kehendak sendiri dengan memasukkan daya tarik ke dalamnya.
Ganti juga nama-nama  orang di dalam berita menjadi nama yang mudah diingat misalnya, Wakawaka. Karakter jahatnya kita beri nama gogo.tokoh yang lain beri nama Koko dan Keken dan beri juga nama karakter lainnya dengan nama yang mudah diingat.
Setelah mengotak-atik berita, lalu kita beri judul cerpen itu, “Melihat Bulan”, misalnya.
Ya… demikianlah kita telah menyulap berita menjadi cerita…
Sebenarnya kita bisa memiliki ide cerita yang banyak hanya dengan melihat apa saja yang ada, termasuk berita… tinggal kita harus lebih jeli saja mengindera dan mengamati keadaan disertai dengan latihan yang terus-menerus tentunya…
Yup, demikian  tulisan Cara Menulis Cerpen: Ide Cerita dari Berita, ini saya tulis. Semoga bermanfaat… Tetap semangat…