TERNYATA BUKAN UN TAPI ,,,, US

Kali ke 3 gelaran ujian bagi dunia pendidikan kita,setelah SMA,SMP dan terakhir SD, namun ada yang berbeda ujian bagi peserta didik kita di tingkat SD/MI/Paket A, pasalnya di hari ke-2 ini gelaran ujian yang ada ganti cashing ternyata romor yang muncul di awal tahun lalu benar adanya, tidak ada UN bagi tingkat SD/MI/Paket A tapi tetap ada Ujian Sekolah namanya, dan itu membuat banyak masyarakat kita tetap sibuk mempersiapkan anak didiknya sampai-sampai mengkarantina dengan alasan untuk memberikan pembekalan yang maksimal dan berdampak anak menjadi focus dalam menghadapi ujian yang kerap menjadi hantu bagi mereka.
Hari yang sama waktunya berbeda, gelaran Ujian Sekolah bagi SD/MI/Paket A pun digelar diseluruh penjuru negeri ini, pagi gelaran dunia pendidikan formal kita (SD/MI/SDLB) pun menjadi sorotan utama, dunia pendidikan yang masih tergolok anak-anak yang baru baligh dihadapkan dunia pendidikan yang kerap dengan diskriminasi atas perlakuan oknum yang berdampak pada pelecehan bahkan kekerasan seksual bagi anak didik kita. Apakah dunia pendidikan kita benar adanya dan sedang bercermin apa yang sudah tersurat di Al-Qur’an bahwa setiap yang bernyawa akan mati, dan setiap yang bernyawa akan di uji dengan keburukan dan kebaikannya sebagai ujian, dan semua itu akan kembali padaNya. Namun bagaimana pertanggungjawaban kita di dunia ?
Yang namanya pendidikan memang sama tapi berbeda, bahkan sangat terjadi kesenjangan di dalamnya, seperti halnya Ujian Sekolah yang digelar pagi hari hanya diperuntukan bagi mereka peserta didik yang berstatus pada Pendidikan Formal dan tentunya jauh berbeda dengan gelaran sore harinya, mereka istilah Warga BelajarPendidikan Non Formal. Itu benar adanya bahwa dalam dunia pendidikan kita kenal adanya penyelenggara satuan pendidikan juga yang jelas berbeda namanya, namun kalau berbanding terbalik sebenarnya juga sama, karena esensinya adalah bagaimana tujuan pendidikan itu tercapai, dan yang paling simple ketika kita mendengar atau bahkan bagi mereka yang paham sebenarnya pendidikan kita itu kan bagaimana terjadi proses perubahan sikap bagi peserta didik maupun warga belajar pendidikan baik formal, non formal maupun informal.
 

Hari kedua ini, matematika adalah momok krn itu inovasi KS SDN Bulak Rukem I no . 258 Surabaya,begitu brilian dg memberikan terapi musik dan ice breaking sebelum masuk ruangan di harap siswa lebih rileks ,semoga.....