CONTOH RPP K-13 KELAS II SEMESTER I



 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :    SDN Bulak Rukem I No.258 Surabaya
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam
Tema                                   :    Nabi Muhammad SAW teladanku
Subtema                              :    Sikap Jujur Nabi Muhammad SAW
Kelas                                    :    II (Dua)
Semester                              :    1 (Ganjil)


A.    Kompetensi Inti (KI)

KI-2       :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru.
KI-3       : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI-4       :Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman
dan berakhlak mulia.

B.Kompetensi Dasar dan Indikator
NO
Kompetensi Dasar
Indikator
1
2.1 Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Maidah/5: 119
2.1.1 Menunjukan sikap jujur pada diri sendiri
2
3.16 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
3.1.1 Menunjukan perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman keteladanan Nabi Muhammad saw.
3
4.16 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
4.1.1 Dapat Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.


C.Tujuan Pembelajaran.
 Melalui metode inquary learning peserta didik mampu:
a. Berperilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
b. Menyebutkan sikap jujur Nabi Muhammad saw dengan benar
c. Menunjukkan sikap jujur dengan benar.

D.Materi  Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
1. Konsep :QS Al Fatihah dan artinya dan perilaku kasih sayang
2. Fakta           : Banyak anak bertengkar, suka mengejek teman, kurang peduli sesama teman
3. Prinsip         :
ü  Kasih sayang adalah suatu ungkapan perasaan cinta dan suka yang tulus tanpa mengharapkan imbalan (Kamus Besar Bahasa Indonesia 1998)
ü   Manfaat perilaku kasih sayang
ü   Hadist tentang  perilaku kasih sayangNabi Muhammad SAW
4. Hikmah       : Menunbuhkan perilaku kasih sayang peserta didik terhadap sesama

E.     Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
Pendekatan                 ; Scientific Methodh
Strategi                         : Discovery learning
Metode                        : Tanya jawab, ceramah, penugasan, diskusi

F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media                      : ICT, Permainan peran
2. Alat/Bahan  : Laptop, LCD, CD Pembelajaran
3. Sumber Belajar :
ü  Buku Paket PAI kelas II SD/MI, Dr.Sukarno,M.P.I, JP Press, Surabaya
ü  Buku Aqidah Akhlak kelas II MI, Drs. Imam Nahrowi, Balai Pustaka
ü  Al Quran terjemah, DEPAG, Jakarta
ü  Buku cerita anak muslim, Wahyuningsih,M.Pd.I, Surabaya, JP Press

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 
      
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
1) Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa
bersama
2) Memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran
3) Menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta
didik.
4) Menyampaikan tujuan pembelajaran.
5) Beberapa alternatif media/alat peraga/alat bantu bisa berupa illustrasi
gambar atau tayangan visual (film) yang relevan.
6) Beberapa alternatif model/strategi/metode pembelajaran yang
digunakan di antaranya (1) ceramah interaktif (menceritakan
dan menjelaskan kisah melalui gambar atau tayangan visual/film
yang bersifat kontekstual kekinian), (2) diskusi dalam bentuk the
educational-diagnose meeting artinya peserta didik berbincang
mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi
pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya agar
masing-masing memperoleh pemahaman yang benar, dan dilengkapi dengan lembar pengamatan dalam pelaksanaan diskusi.

20 menit
2.
Kegiatan Inti
a.    Mengamati
·       Peserta didik mengamati gambar/ilustrasi berseri tentang sikap jujur di lingkungan sekolah di dalam buku teks dan guru memberikan petunjuk secara teknis proses observasi.
·      Peserta mencermati Video yang ditayangkan guru
b.   Menanya
·  Peserta didik tanya jawab tentang isi tayangan video
·  Peserta didik diberi kesempatan untuk menanya tentang hal yang telah diamatinya. Apabila peserta didik mengalami kesulitan,guru memberikan bimbingan dan panduan (stimulus) agar mereka mencari tahu dengan cara menanya.
c.    Eksperimen/Explore
·      Peserta didik yang ditunjuk bermain peran melaksanakan tugasnya
·      Setelah permainan peran, peserta didik berdiskusi dengan drama yang mereka saksikan
d.   Asosiasi
·      Peserta didik membuat rumusan sikap kasih sayang yang sesuai dengan QS Al Fatihah dikaitakan dengan video dan drama yang mereka amati melalui lembar kerja kelompok
e.    Komunikasi.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku kasih sayang kepada sesama secara kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang perilaku kasih sayang kepada sesama secara individual atau kelompok


110 menit
3.
Penutup
a.  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
b. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
c.  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

10 menit

H. Penilaian
     
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
PENILAIAN
KI-2       :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru.

2.1 Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Maidah/5: 119
Teknik : Non Tes
Bentuk : Penilaian diri
KI-3       : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

3.16 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
Teknik : Non Tes
Bentuk : Penilaian teman
KI-4       :Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman
dan berakhlak mulia.

4.16 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
Teknik :  Tes Tulis
Bentuk :Isian dan Uraian

Lampiran 1     : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)
Nama Siswa
Kelas / Semester
:
:
..........................................
II / Genap
Teknik Penilaian
:
Penilaian diri.
Penilai
:
Guru

NO.
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR

Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju

1
Di manapun dan kapan pun, aku harus bersikap jujur.






2
Aku tidak boleh berbohong.







3
Jika aku berbuat salah, aku akan meminta maaf dan berkata jujur.






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR

Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  = ...                                      
Skor maksimal



CATATAN: 
..............................................................................................................................................















Lampiran 2     : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
:
:
..........................................
II/ Genap
Teknik Penilaian
:
Penilaian antar teman .
Petunjuk:
a.       Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
b.      Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain
c.       Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap peserta didik
NO.
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR

MK
MB
MT
BT

1
Memperlihatkan adanya kerjasama yang baik dalam kelompok






2
Memperlihatkan adanya kekompokkan antar anggota kelompok.






3
Memperlihatkan adanya tanggungjawab bersama dalam kelompok.






4
Memperlihatkan adanya inisiatif bersama dalam kelompok.






5
Memperlihatkan adanya disiplin dalam kelompok.






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR

MK
MB
MT
BT
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  =  ...                                     
Skormaksimal



CATATAN: 
MK =  Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang  dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
MB =  Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT =  Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indicator tetapi belum konsisten).
BT  =  Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).














Lampiran 3     : Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)
Kelas / Semester
:

II / Genap
Kompetensi Dasar
:

3.1o Memahami perilaku kasih sayang kepada sesama dari pemahaman Q.S. Fatihah





Teknik Penilaian
:

Tulis
Penilai
:

Guru
No.
Indikator

Instrumen
1.
Memiliki sikap jujur


Nabi Muhammad saw. adalah teladan bagi ....
2.
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

Nabi Muhammad selalu jujur dalam .... dan ....

3.
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

Berkat kejujurannya Nabi Muhammad mendapat gelar ....














Lampiran 4     : Instrumen Penilaian (Aspek Keterampilan)

Kelas / Semester
:

II / Genap
Kompetensi Dasar
:

4.10 Mencontohkan perilaku kasih sayang kepada sesama dari pemahaman QS. Fatihah




Teknik Penilaian
:

Kinerja
Penilai
:

Guru
No.
Indikator

Instrumen
1.
Menyebutkan contoh perilaku jujur kepada sesama

Apa yang kamu lakukan apabila
menemukan barang yang
bukan milikmu?









Mengetahui;
   Kepala SDN BULAK RUKEM I No.258 Surabaya



Drs.Rudy Sugeng Prayitno.
NIP. 19611120 198201 1 008

Guru Pendidikan Agama Islam
 (GPAI)




     Tri Eko Sulistiowati,S.Th.I,M.Pd.I