MEDIA PEMBELAJARAN PAI
Wudu.ppt [autosaved] from triekosulistiowati
MEDIA PEMBELAJARAN PAI : “ AYO BERWUDU ”
Tri Eko Sulistiowati,S.Th.I,M.Pd.I
SDN Bulak Rukem I No.258 Surabaya
Kurikulum 2013 kelas II
SINOPSIS :
Sulit membuat anak gemar belajar agama Islam?
Susah memahamkan anak tentang pengetahuan abstrak berkenaan dengan wudu?
Itu dulu…!
Kini, tidak lagi dengan hadirnya media pembelajaran yang ada di hadapan Anda ini. Dengan materi dan game yang menarik dan mengasyikkan, mulai dari pengertian wudu,syarat – syarat wudu, rukun wudu, sunnah wudu, yang membatalkan wudu dan praktek wudu , media pembelajaran ini dapat Anda jadikan sebagai panduan untuk bermain bersama anak sambil belajar wudu.
Selain mengenalkan anak pada tata cara wudu , media ini juga memberikan game menarik diakhir materi pembelajaran. Tentunya, dengan metode yang menyenangkan, sehingga membuat anak tanpa sadar telah belajar agama di dalam bermainnya. Karena berisi tentang materi pembelajaran agama Islam bab wudu , media ini juga dapat dijadikan sebagai alat pendukung dalam memahami mata pelajaran PAI di sekolah.
a. Persiapan
1) Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2) Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3) Guru menyapa peserta didik dengan ramah.
4) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5) Menampilkan media berupa power poin pembelajaran ayo berwudu
b. Pelaksanaan
1) Peserta didik menyimak penjelasan singkat guru tentang definisi wudu dan penjelasannya
2) Untuk memudahkan peserta didik mengingat urutan wudu,peserta didik diajak tepuk wudu
3) Peserta didik diberi penjelasan tambahan dan penguatan tentang tata cara berwudu.
4) Peserta didik menyimak kembali penjelasan guru tentang syarat wudu, rukun wudu, sunah wudu dan hal yang membatalkan wudu.
5) Dari hasil menyimak paparan tersebut, peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya baik secara individu maupun secara berkelompok.
c.Penutup
Peserta didik diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang sudah disediakan pada power poin ,untuk jawaban benar akan ada suara tepuk tangan sedangkan bila jawaban salah akan terdengar suara kambing,
Diakhir pembelajaran siswa diajak menyayi “” ayo berwudu “ dengan nada potong bebek angsa seperti yang ada di buku pegangan siswa kelas II kurikulum 2013 hal,39
MEDIA PEMBELAJARAN PAI : “ AYO BERWUDU ”
Tri Eko Sulistiowati,S.Th.I,M.Pd.I
SDN Bulak Rukem I No.258 Surabaya
Kurikulum 2013 kelas II
SINOPSIS :
Sulit membuat anak gemar belajar agama Islam?
Susah memahamkan anak tentang pengetahuan abstrak berkenaan dengan wudu?
Itu dulu…!
Kini, tidak lagi dengan hadirnya media pembelajaran yang ada di hadapan Anda ini. Dengan materi dan game yang menarik dan mengasyikkan, mulai dari pengertian wudu,syarat – syarat wudu, rukun wudu, sunnah wudu, yang membatalkan wudu dan praktek wudu , media pembelajaran ini dapat Anda jadikan sebagai panduan untuk bermain bersama anak sambil belajar wudu.
Selain mengenalkan anak pada tata cara wudu , media ini juga memberikan game menarik diakhir materi pembelajaran. Tentunya, dengan metode yang menyenangkan, sehingga membuat anak tanpa sadar telah belajar agama di dalam bermainnya. Karena berisi tentang materi pembelajaran agama Islam bab wudu , media ini juga dapat dijadikan sebagai alat pendukung dalam memahami mata pelajaran PAI di sekolah.
a. Persiapan
1) Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2) Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3) Guru menyapa peserta didik dengan ramah.
4) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5) Menampilkan media berupa power poin pembelajaran ayo berwudu
b. Pelaksanaan
1) Peserta didik menyimak penjelasan singkat guru tentang definisi wudu dan penjelasannya
2) Untuk memudahkan peserta didik mengingat urutan wudu,peserta didik diajak tepuk wudu
3) Peserta didik diberi penjelasan tambahan dan penguatan tentang tata cara berwudu.
4) Peserta didik menyimak kembali penjelasan guru tentang syarat wudu, rukun wudu, sunah wudu dan hal yang membatalkan wudu.
5) Dari hasil menyimak paparan tersebut, peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya baik secara individu maupun secara berkelompok.
c.Penutup
Peserta didik diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang sudah disediakan pada power poin ,untuk jawaban benar akan ada suara tepuk tangan sedangkan bila jawaban salah akan terdengar suara kambing,
Diakhir pembelajaran siswa diajak menyayi “” ayo berwudu “ dengan nada potong bebek angsa seperti yang ada di buku pegangan siswa kelas II kurikulum 2013 hal,39
No comments:
Post a Comment