TEKHNOLOGI MEDIA PAI
- Keberhasilan Media Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI)vPemilihan Media Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam (PAI) vJenis Media Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI) vCiri-Ciri Media Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI) vManfaat Media Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI) vTujuan Media Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI) vPengertian Media Pembelajaran
(PAI) vPengertian Teknologi
Pembelajaran (PAI) v1.
- 2. Istilah
teknologi muncul dari bahasa Yunani “Technologis”. Kata “technie” sendiri
mempunyai arti seni, keahlian dan sains, sedangkan logos adalah ilmu.
Gaibraith mengartikan teknologi sebagai penerapan yang sistematik dari
pengetahuan ilmiah dan terorganisasikan pada hal-hal praktis.
- 3. Dalam
arti sempit teknologi pendidikan adalah media pendidikan, yakni teknlogi
yang digunakan sebagai alat bantu dalam pendidikan supaya lebih efektif
dan efisien Pengertian teknologi pendidikan ialah kajian serta praktik
yang dapat membantu proses belajar untuk meningkkatkan kinerja dengan cara
membuat, menggunakan dan mengelola segala proses dan sumber teknologi.
- 4. Pengertian
Media Pendidikan Secara bahasa: Media berasal dari kata medium (latin)
berarti perantara atau pengantar Secara istilah: Perantara atau pengantar
pesan dari pengirim ke penerima pesan berbagai jenis komponen dalam
lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk ber pikir
- 5. Media
pendidikan adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan
pesan dari pengirim kepada penerima sehingga dapat merangsang pikiran
,perasaan ,perhatian,minat, sehingga terjadi proses belajar.
- 6. M
E D I A P E N D I D I K A N D A N T E K N O L O G I P E N D I D I K A N
TujuanTeknologiPendidikan adalah memberikankemudahan belajar bagi peserta
didik Media merupakan bagian dari tipe yang secara khusus membahas tentang
komponen bahan dan peralatan.
- 7. Fungsi
media pembelajaran Pendidikan Agama Islam antara lain: memperlancar
interaksi antara guru dan siswa, serta perangsang pembelajaran. FUNGSI
- 8. MANFAAT
• Penyeragamanan penyampaian materi, • Materi lebih jelas dan menarik, •
Pembelajaran lebih interaktif, • Efisiensi waktu dan tenaga, •
Meningkatkan kualitas hasil pembelajaran, • Pembelajaran dapat dilakukan
kapanpun dan di manapun, • Menumbuhkan sikap positif dalam belajar, •
Pembelajaran lebih bervariasi, • Siswa lebih banyak melakukan kegiatan
belajar.
- 9. Bahri
Djamarah (2002 h. 138)
- 10. “Proses
belajar mengajar dengan bantuan media akan mempertinggi kegiatan belajar
anak didik dalam tenggang waktu yang cukup lama”. Ramayulis (2002, hlm.
190)
- 11. ciri
distributif (distributive property). Arsyad (2011, hlmØciri manipulatif (manipulative property), Øciri fiksatif (fixative property), ØCiri-Ciri Media Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam (PAI) . 12-14)
- 12. Jenis
Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI •Realthings, •Verval
representation, •Grafic representation, •Still picture, •Motion picture,
•Audio (recording), •Simulation. Basyiruddin Usman (2002, hlm.127-128)
- 13. Pengelompokan
Media pembelajaran PAI a. Media yang bersifat benda Media visual, misal:
grafik, diagram, chart, bagan, poster, dan komik. Audial, misal: radio,
tape recorder, dan laboratorium. Projected still media, misal: slide, OHP,
dan infocus. Projected motion media, misal: film, televisi, video,
komputer, dan internet. b. Media yang bersifat bukan benda
- 14. Pemilihan
Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) a. Kesesuaian media dengan
tujuan pembelajaran, b. Kesesuaian media dengan tingkat kemampuan siswa,
c. Ketersediaan sumber belajar, d. Ketersediaan dana/ biaya, dan e.
Kesesuaian media dengan teknik yang dipakai. (Basyiruddin Usman 2002,
hlm.128)
- 15. Keberhasilan
Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Media pembelajaran akan
memberikan pengaruh terhadap peserta didik yaitu peserta didik akan
memiliki pemahaman yang bagus tentang materi yang didapatkan, juga akan
memiliki moral atau akhlak yang tinggi, sehingga besar kemungkinan dengan
memperhatikan alat/media pembelajaran itu, tujuan pembelajaran akan
tercapai secara efektif dan efisien (Basyiruddin Usman 2002, hlm. 191)
- 16. SEKIAN
TERIMAKASIH SEMOGA BERMANFAAT AND SUKSES
No comments:
Post a Comment