TEKHNOLOGI MEDIA PAI

  • Keberhasilan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)vPemilihan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) vJenis Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) vCiri-Ciri Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) vManfaat Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) vTujuan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) vPengertian Media Pembelajaran (PAI) vPengertian Teknologi Pembelajaran (PAI) v1.
  • 2. Istilah teknologi muncul dari bahasa Yunani “Technologis”. Kata “technie” sendiri mempunyai arti seni, keahlian dan sains, sedangkan logos adalah ilmu. Gaibraith mengartikan teknologi sebagai penerapan yang sistematik dari pengetahuan ilmiah dan terorganisasikan pada hal-hal praktis.
  • 3. Dalam arti sempit teknologi pendidikan adalah media pendidikan, yakni teknlogi yang digunakan sebagai alat bantu dalam pendidikan supaya lebih efektif dan efisien Pengertian teknologi pendidikan ialah kajian serta praktik yang dapat membantu proses belajar untuk meningkkatkan kinerja dengan cara membuat, menggunakan dan mengelola segala proses dan sumber teknologi.
  • 4. Pengertian Media Pendidikan Secara bahasa: Media berasal dari kata medium (latin) berarti perantara atau pengantar Secara istilah: Perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk ber pikir
  • 5. Media pendidikan adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima sehingga dapat merangsang pikiran ,perasaan ,perhatian,minat, sehingga terjadi proses belajar.
  • 6. M E D I A P E N D I D I K A N D A N T E K N O L O G I P E N D I D I K A N TujuanTeknologiPendidikan adalah memberikankemudahan belajar bagi peserta didik Media merupakan bagian dari tipe yang secara khusus membahas tentang komponen bahan dan peralatan.
  • 7. Fungsi media pembelajaran Pendidikan Agama Islam antara lain: memperlancar interaksi antara guru dan siswa, serta perangsang pembelajaran. FUNGSI
  • 8. MANFAAT • Penyeragamanan penyampaian materi, • Materi lebih jelas dan menarik, • Pembelajaran lebih interaktif, • Efisiensi waktu dan tenaga, • Meningkatkan kualitas hasil pembelajaran, • Pembelajaran dapat dilakukan kapanpun dan di manapun, • Menumbuhkan sikap positif dalam belajar, • Pembelajaran lebih bervariasi, • Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar.
  • 9. Bahri Djamarah (2002 h. 138)
  • 10. “Proses belajar mengajar dengan bantuan media akan mempertinggi kegiatan belajar anak didik dalam tenggang waktu yang cukup lama”. Ramayulis (2002, hlm. 190)
  • 11. ciri distributif (distributive property). Arsyad (2011, hlmØciri manipulatif (manipulative property), Øciri fiksatif (fixative property), ØCiri-Ciri Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) . 12-14)
  • 12. Jenis Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI •Realthings, •Verval representation, •Grafic representation, •Still picture, •Motion picture, •Audio (recording), •Simulation. Basyiruddin Usman (2002, hlm.127-128)
  • 13. Pengelompokan Media pembelajaran PAI a. Media yang bersifat benda Media visual, misal: grafik, diagram, chart, bagan, poster, dan komik. Audial, misal: radio, tape recorder, dan laboratorium. Projected still media, misal: slide, OHP, dan infocus. Projected motion media, misal: film, televisi, video, komputer, dan internet. b. Media yang bersifat bukan benda
  • 14. Pemilihan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) a. Kesesuaian media dengan tujuan pembelajaran, b. Kesesuaian media dengan tingkat kemampuan siswa, c. Ketersediaan sumber belajar, d. Ketersediaan dana/ biaya, dan e. Kesesuaian media dengan teknik yang dipakai. (Basyiruddin Usman 2002, hlm.128)
  • 15. Keberhasilan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Media pembelajaran akan memberikan pengaruh terhadap peserta didik yaitu peserta didik akan memiliki pemahaman yang bagus tentang materi yang didapatkan, juga akan memiliki moral atau akhlak yang tinggi, sehingga besar kemungkinan dengan memperhatikan alat/media pembelajaran itu, tujuan pembelajaran akan tercapai secara efektif dan efisien (Basyiruddin Usman 2002, hlm. 191)
  • 16. SEKIAN TERIMAKASIH SEMOGA BERMANFAAT AND SUKSES