LS Kunjungan Museum Aktif Mapolresta Surabaya

LS Kunjungan Museum Aktif Mapolresta Surabaya




Surabaya - Sejak diresmikan pada Sabtu (10/10/2015) Mapolrestabes Surabaya menjadi bangunan cagar budaya yang dibuka untuk umum , siapa saja boleh berkunjung ke Museum Aktif Mapolresta Surabaya untuk menambah kecintaan akan sejarah Surabaya .

Hujan deras yang turun dengan deras di Surabaya tidak  menyurutkan niat dan langkah sekelompok pemuda-pemudi yang tergabung dalam Komunitas Love Suroboyo untuk gelar acara berkunjung ke bangunan cagar budaya Musium Aktif mapolrestabes Surabaya pagi tadi (23/10)

Museum Aktif Mapolresta Surabaya yang dulu bernama Hoofdbureau van Politie te Soerabaia telah direnovasi selama 4 bulan  ditahun 2015 dan selama renovasi pihak mapolrestabes Surabaya  menggandeng tim cagar budaya untuk mengetahui bentuk asli bangunan

Museum Aktif Mapolresta Surabaya ini dilengkapi dengan barang – barang bersejarah terkait perjuangan polisi dalam merebut kemerdekaan , bangunan yang berlokasi di Jalan Sikatan 1 ini memiliki sejarah panjang. Mulai dari alat transportasi , alat komunikasi   , dokumentasi dan lain lain

"Kami berterimakasih kepada komunitas love suroboyo yang sudah hadir dan berkunjung ke Museum Aktif Mapolresta Surabaya hari ini  ," kata Intan , anggota polwan yang menerima kedatangan LS dan menjadi guide kunjungan kali ini di Museum Aktif Mapolresta Surabayasurabaya.
 

Museum Aktif Mapolresta Surabaya adalah saksi dan tonggak sejarah yang pernah di torehkan di kota pahlawan ini  , Intan  menceritakan “ perebutan markas yang sempat dikuasai Jepang itu. Menurutnya, para pahlawan pernah menurunkan bendera Jepang yang bertengger di tiang bendera. Gudang senjata yang berada di belakang gedung pun berhasil direbut para pejuang” Ujarnya.



Shandy Setiawan, selaku ketua Komunitas Love Suroboyo juga menjelaskan tentang pentingnya blusukan ke cagar budaya agar kita sebagai pemuda dan pemudi  Surabaya lebih peduli dan tau sejarah kota. Kenali dan Peduli Kotamu, ujar Shandy " terang Shandy. ( Bunda Tri / LS)


Tristan , Peserta terkecil kunjungan museum aktif mapolresta surabaya