Semanggi Suroboyo Kuliner Warisan Asli Surabaya

Semanggi Suroboyo Kuliner Warisan Asli Surabaya


Surabaya - Mbah Sumi menggendong semangginya di jalanan seputar masjid muhajirin pemerintah kota Surabaya , dengan senyum ramahnya beliau tawarkan dagangan di gendongannya “ semangginya jeng “ katanya

Setiap pagi Mbah Sumi dengan gendongannya berisi Semanggi Suroboyo berjalan dan sesekali berhenti di bawah pohon. "Sudah ada langganan, ya kadang jalan, kadang berhenti," katanya.


Semanggi Suroboyo , Makanan khas Surabaya yang satu ini tidak mudah ditemukan, tidak seperti halnya kuliner khas Surabaya lain yang banyak dijual di pinggir jalan.

Seperti pada lirik lagu Semanggi Suroboyo, Lontong Balap Wonokromo, menandakan jika makanan khas ini asli dari Surabaya.

Kuliner Semanggi Suroboyo mirip dengan pecel. Disajikan dengan sayuran seperti daun semanggi, tauge rebus, disiram bumbu dan krupuk puli diatasnya dijamin membuat lidah menari ketika menyantapnya.

Satu porsi Semanggi mbah Sumi dijual Rp 7.000 per pincuk bungkus daun pisang lengkap dengan krupuknya


Di Surabaya orang berjualan semanggi ini hanya pada tempat tempat tertentu saja. Misalnya di Taman Bungkul, di Taman Prestasi, dan di beberapa kampung lama di Surabaya.



Nah bila ingin mencicipi Semanggi atau mencari penjual semanggi coba saja di sekitar Taman Bungkul, atau di dekat Masjid Al Falah, Jalan Raya Darmo biasanya di sana ada penjual Semanggi yang mangkal.( Bunda Tri )