Blusukan ke Gedung Setan

Blusukan Ke Gedung Setan


Surabaya - Komunitas Love Suroboyo Blusukan Ke Salah satu bagunan sejarah yang ditetapkan pemerintah sebagai cagar budaya adalah Gedung Loge de Vriendschap. Gedung ini berdiri di Jalan Tunjungan 80, bersama pak Eddy Samson (saksi sejarah),26/4/17

Gedung Loge de Vriendschap di Surabaya, Jawa Timur adalah salah satu cagar budaya. Sayang, tak banyak orang tahu sejarah bangunan yang kini menjadi kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) itu. Oleh menir-menir Belanda, gedung ini dijadikan sebagai tempat memanggil roh orang mati.

Ada banyak bangunan sejarah di Surabaya, yang dikenal masyarakat, hanya sekadar peninggalan Belanda. Itu pun dikenali dari bentuk bangunan dan prasasti yang ada di bangunan tersebut. 

Sebab, Surabaya kini lebih banyak dihuni masyarakat urban. Bahkan, bangunan-bangunan sejarah itu sudah tak terlihat karena dihimpit bangunan pertokoan dan perkantoran berdiri berderet.

Lokasi tepatnya berada berseberangan dengan Hotel Majapahit yang juga memiliki nilai sejarah perjuangan Arek-arek Suroboyo di zaman penjajahan. 

"Loge de Vriendschap itu tempat perkumpulan aliran kebatinan orang-orang Belanda yang sudah ada di Surabaya sejak tahun 1809,". 

Dan orang-orang Surabaya menyebutnya dulu adalah "Gedung Setan" karena gedung itu dipakai tempat pemujaan.