Masjid Agung Sumenep

Masjid Agung Sumenep 


Perjalanan AM hari ini telah sampai di salah satu bangunan dari 10 masjid tertua di Indonesia yang memiliki gaya arsitektur indah dan unik. Masjid ini biasa disebut dengan nama Masjid Jamik.

Masjid Agung Sumenep terletak menghadap taman Adipura Sumenep di Kec. Kota Sumenep yang dibangun pada masa Adipati Pangeran Natakusuma 1 yang berjuluk Panembahan Somala. 

Arsitek pembangunan masjid adalah Lauw Piango, seorang berkebangsaan Cina yang menetap di Sumenep pada saat itu. Pembangunan dimulai tahun 1779 M, dan selesai pada tahun 1787 M.

Bangunan ini merupakan salah satu bangunan pendukung Karaton, yakni sebagai tempat ibadah bagi keluarga Karaton dan Masyarakat, masjid ini adalah masjid kedua yang dibangun oleh keluarga keraton, di mana sebelumnya kompleks masjid berada tepat di belakang keraton yang lebih dikenal dengan nama Masjid Lajhu yang dibangun oleh Kanjeng R. Tumenggung Ario Anggadipa, penguasa Sumenep XXI.

Syukur alhamdulillah tim angkringan matahari bisa bersilaturrahmi dengan salah satu pimpinan cabang Aisyiyah Sumenep yang rumahnya tepat dibelakang masjid jamik

Barokallah