PRNA SUKOLILO WISATA : INDAHNYA SITUBONDO JAWA TIMUR

Hari ini kami melakukan petualangan lagi, tujuan utama kota Situbondo Jawa Timur,kesan pertama Indah, cantik., bersih. cocok  untuk menghilangkan kejenuhan .......
mungkin sebagian dari anda pernah nonton film "The Beach" yang dibintangi oleh aktor Leonardo Dicaprio. Dan anda tentu masih ingat setting film tersebut yang menampilkan panorama pantai yang sangat indah dengan pasir putihnya yang menawan. Pantai yang indah tersebut bernama Pantai Phi Phi dan berada di bagian Selatan Thailand. Gugusan pulau ini sangat menarik minat wisatawan karena panorama yang indah, campuran laut biru jernih dengan pulau-pulau karst hijau.

Bagi anda yang tinggal di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya tidak perlu jauh- jauh untuk mendapatkan suasana pantai seindah pantai Phi Phi. Karena ternyata di wilayah ini menyimpan potensi wisata pantai yang tak kalah menarik dengan pantai-pantai yang lain.
Di desa Banyuglugur, Kecamatan Besuki, Situbondo anda bisa menemukan pantai dengan nuansa pasir putihnya yang mempesona berpadu dengan panorama alam yang masih sangat asri. Letaknya yang berada di balik bukit memberi kesan tersendiri ketika menempuh perjalanan menuju lokasi tersebut.

Memasuki gapura pintu gerbang wana wisata Tampora yang tertulis PERUM PERHUTANI, KPH PROBOLINGGO , kami parkir untuk sekedar beristirahat sebentar. Jalan tanah sedikit berbatu itu merupakan salah satu akses menuju ke pantai Tampora. Tidak dipungut biaya sepeserpun untuk masuk ke wana wisata ini. Karena memang tidak ada petugas penjaga disana.
Setelah memasuki gapura, perjalanan dilanjut melewati jalanan tanah sedikit berbatu melingkari lereng bukit kecil itu. Cocok sekali bagi yang menyukai jalur offroad. Dari atas bukit kita bisa menyaksikan hamparan laut biru selat Madura di sisi utara dan pegunungan yang hijau di sisi selatan. Andai saja kami datang lebih pagi tentu akan mendapatkan moment yang bagus ketika matahari terbit dari timur.



                                                          PESONA PANTAI TAMPORA


                         Setelah puas bermain di pantai kami melanjutkan perjalanan ke Goa Cinta
 
 
konon ceritanya Sekitar 200 tahun yang silam, ada sebuah kisah tragis yang tak dapat dilupakan. Konon kejadiannya, ada seorang gadis cantik bernama Dewi Taroro dianiaya secara tragis oleh pacarnya sendiri, lalu dilempar ke dasar Curahtangis.

Saat itu, Dewi Taroro diajak pacarnya berjalan-jalan di seputar Hutan Baluran. Ketika sedang berdiri di tepian Curahtangis, tiba-tiba Dewi Taroro didorong pacarnya hingga terlempar terjun bebas ke bawah Curahtangis yang kedalamannya kurang lebih 18 meter, dan dipenuhi bebatuan besar. Tragisnya lagi, kepala Dewi Taroro pecah membentur bebatuan.

Masyarakat Bajulmati dan Batangan berbondong-bondong hendak mengangkat mayat Dewi Taroro. Evakuasi dilakukan hingga beberapa warga turun ke dasar Curahtangis. Namun, pemandangan tidak wajar menggegerkan warga setempat. Karena, dengan pelan-pelan namun pasti jasad Dewi Taroro menghilang, dan tak membekas seperti tidak pernah ada kejadian apa pun.

Berdasarkan cerita tersebut, tentu bukanlah suatu hal yang mengherankan jika Curahtangis terkenal angker dan selalu minta korban. Ada kalanya jalan itu kelihatan lurus padahal sebenarnya tikungan. Bahkan juga ada sewaktu melewati jalur yang melintas Curahtangis tiba-tiba ada seorang perempuan akan menyeberang di tengah jalan.

Bisa dibilang rangkaian kecelakaan yang kerap terjadi di sana merupakan wujud tumbal dendam kesumat sang Dewi Taroro yang telah dikhianati dan dilempar ke dasar Curahtangis oleh pacarnya sendiri.

Tidak hanya kecelakaan yang kerap terjadi di sana, ada kalanya alunan suara tangis dan mengharukan kerap terdengar dari kesunyian yang senantiasa meronai Curahtangis. Bahkan kadang ada bayangan seorang dara yang berkelebat di seputar Curahtangis, atau hal-hal ganjil lainnya.

Siapa pun yang mendengar suara tangis atau menjumpai bayangan tersebut, kerapkali menjadi awal pertanda adanya sebuah petaka. Entah itu kecelakaan biasa, hingga musibah yang merenggut nyawa seseorang