JALAN SEHAT BERSHOLAWAT DI MASJID AGUNG SURABAYA

 

Di Tahun Baru Islam ini, pemprov Jatim mengadakan Perayaan 1 Muharram di Masjid Al Akbar Surabaya (MAS) yang  berlangsung meriah , Jalan sehat dengan start dan finish di halaman Masjid Al Akbar Surabaya diikuti ribuan peserta.
.Belasan ribu umat Islam hadir dalam acara Jalan sehat bershalawat yang diselenggarakan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Pemprov JATIM bekerja sama dengan MAS. Ada sekitar 15 ribu warga dari Surabaya dan sekitarnya yang hadir.

Warga berdatangan mulai pukul. 05.00. Pada pukul 06.00 tepat, Gubernur Jawa Timur Soekarwo memberangkatkan peserta. Selain Soekarwo, hadir beberapa pejabat seperti Sekdaprov Rasiyo, Ketua MUI Jatim Abdusshomad Buchory, Ketua Kadin Jatim La Nyalla M. Mattalitti, dan pejabat satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lain. “Selain untuk kesehatan, jalan sehat ini bisamemperkuat ukhuwah Islamiyah,” ujar Soekarwo sebelum memberangkatkan peserta. 


Hadiah yang disediakan antara lain 4 paket Umroh gratis dari Gubernur Jatim, Wagub Jatim, Kanwil Kementerian Agama dan BAZ Jatim
Umumnya, para peserta itu tertarik dengan puluhan hadiah yang ditawarkan. Selain  4 paket umrah untuk empat orang, 1 sepeda motor, 7 sepeda angin, 5 lemari es, 4 televisi, dan puluhan hadiah lain seperti kipas angin, dispenser, serta rice cooker. Dan pada kesempatan itu Gus Ipul menambahkan hadiah 10 unit sepeda onthel.
Alhamdulillah pak muhajir (Dir LPPGTKA DPD BKPRMI Surabaya ) mendapatkan sebuah televisi, beliau mengatakan "Alhamdulillah...Allah lebih tau apa yang dibutuhkan hambaNya... tv di rumah pas rusak, sebenarnya sdh mulai terbiasa tanpa tv..semalam ada krentek ngundang tukang servis ,ternyata Allah hadiahi saya lewat acara  jalan sehat 1 Muharram. Semoga tetap bisa mengendalikannya, tidak sampai terpedaya olehnya, amiin...

Soekarwo menyatakan, 1 Muharram harus menjadi pijakan untuk melangkah ke depan dan menjadikan kehidupan lebih baik. Siapa yang lebih baik daripada hari kemarin, adalah orang yang beruntung.” Maka, hidup harus selalu ditingkatkan,” jelasnya. Indonesia dan Jawa Timur khususnya harus terus maju dan menjadi daerah yang berkembang sehingga rakyat sejahtera.

Setiap orang, kata dia, selayaknya melakukan introspeksi diri. Dengan cara seperti itu, setiap orang akan mengetahui kesalahan apa yang sudah dia lakukan dan tidak mengulanginya di masa mendatang.

Para peserta gerak jalan tersebut melewati rute jalan depan MAS, kemudian melintas di Jalan Lingkar MAS, masuk isma Bungurasih, sempat tembus ke Museum NU. Kemudian mereka melintas di jalan Menanggal dan kembali menuju MAS. Kupon undian dibagikan di tengah perjalanan agar para peserta ikut sampai finish.