PELATIHAN KERAJINAN LIMBAH KERANG BERSAMA DINAS KELAUTAN SANGATAK KALIMANTAN






Kerang yang biasanya ada di pinggiran laut dan biasanya orang menyepelekannya, kini kerang laut dapat bernilai dan nilai ekonomis yang tinggi jika kita memanfaatkannya. Kerang laut bisa kita manfaatkan menjadi hiasan dinding yang sangat bagus.
Proses pembuatan kerajinan daur ulang limbah kerang tidaklah rumit. dimulai proses produksi dengan melakukan sortasi cangkang kerang, yang digunakannya hanya cangkang kerang yang berukuran lebar. Setelah disortasi, biasanya hanya 1/3 bagian saja yang dapat digunakan untuk bahan baku produksi. Selanjutnya cangkang kerang yang lolos sortasi dicuci dan dikeringkan, sebelum akhirnya dimasukan ke dalam oven dan ditambahkan zat kimia tertentu agar cangkang kerang mudah dibentuk dan dipotong.
Setelah proses pengovenan selesai, kemudian cangkang kerang dipotong sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Hasil potongan cangkang kerang kemudian ditempelkan pada media berbahan fiberglass atau logam yang sebelumnya telah dicetak menjadi kap lampu atau bentuk kerajinan lainnya. Tempelkan cangkang kerang tersebut hingga menutupi seluruh cetakan yang ditentukan. Terakhir, lapisi produk kerajinan dengan coating agar produk yang dibuat terlihat mengkilat dan lebih keras.