Literasi Upaya Memajukan Bangsa dengan 4 C

Literasi Upaya Memajukan Bangsa dengan 4 C 
Surabaya  - Gagasan  budaya literasi sebagai modal awal bangsa yang Berkemajuan menjadi sebuah pekerjaan rumah pertama yang harus dikerjakan lembaga kebudayaan pimpinan daerah Aisyiyah Surabaya sebagai lembaga baru di BPP  Aisyiyah Kota Surabaya .

Sebagai Badan Pembantu Pimpinan Aisyiyah Kota Surabaya Lembaga Kebudayaan berupaya membangun budaya literasi menuju Aisyiyah Berkemajuan yang dikemas Workshop literasi bertempat di gedung milenium SD muhammadiyah 4 , Pulang Surabaya (22/10/2016)

Satria Dharma sebagai tokoh literasi nasional menyampaikan " Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia ,Peran membaca adalah jantung pendidikan
Tanpa membaca pendidikan akan mati dan Perpustakaan adalah jantung sekolah " .

Lebih lanjut Satria Dharma menyampaikan  " saya selalu senang jika berbicara pada audiens ibu-ibu karena mereka bisa kita ajak untuk menjadi model bagi kebiasaan membaca di rumah. Apalagi ini adalah para ibu-ibu Aisyiyah yang sudah sering mendengarkan ceramah tentang pentingnya menuntut ilmu bagi umat Islam. Jadi saya tinggal memberikan sedikit dorongan agar mereka mau ikut serta dalam menumbuhkembangkan budaya literasi di keluarga masing-masing" Lanjutnya .

Percepatan membudayakan membaca dan menulis menuju Surabaya akselerasi  adalah jejak langkah aksi menjadi langkah awal dari sebuah perubahan untuk generasi bangsa lebih baik , sudah saatnya berbuat lebih untuk harapan baik .

Sinergi yang baik bak gayung bersambut antara program literatur yang digagas lembaga kebudayaan  PDA Kota Surabaya  dengan program Surabaya akseliterasi pemerintah kota Surabaya.

" Saat ini sedang berlangsung penjurian  kampung literasi  di beberapa kelurahan se Surabaya , sebagai langkah inovatif  dan kreatif  dalam hal membudayakan literasi hingga ke tingkat RT  " hal ini disampaikan oleh Aisyah Nuraini dari badan arsip dan perpustakaan kota Surabaya

Edi Susanto Kepala SD Muhammadiyah 4 Surabaya selaku tuan rumah menyampaikan Sekarang ini saatnya  kita bicara Bagaimana bisa mewujudkan generasi bangsa Indonesia abad 21 yang menguasai 4C yaitu Communication ( Komunikasi "penguasaan ilmu" ) Kolaborasi , Berpikir kritis  dan Kreatif " ujarnya

Sebanyak 150 peserta berasal dari Perwakilan lembaga kebudayaan cabang - cabang se Surabaya yang hadir pagi hingga sore ini sangat antusias dan termotivasi untuk menjadikan cabang masih masing sebagai perpanjangan tangan Aisyiyah yang membangun budaya literasi menuju Aisyiyah yang berkemajuan  ( Bunda  Tri  )