Puncak HPSN 2017 Surabaya


Surabaya - HPSN 2017 , Taman Suroboyo .Menyimak Pidato Bapak Wapres Jusuf Kalla di TAMAN SUROBOYO dalam rangka HPSN (Hari Peduli Sampah Nasional), Selasa 28 Februari 2017.
Kita diingatkan kembali tentang Tregedi, 21 Februari 2005 tentang Peristiwa Longsornya TPA Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat yang menelan ratusan orang meninggal dan dua kampung adat hilang dari Peta.
Di Surabaya kegiatan HPSN diikuti siswa SD dan SMP, di wilayah terdekat dengan Kerja Bakti di Pantai Kenjeran atau WW (Watu-watu), yang melibatkan 5067 Peserta, mulai pk 06.00 hingga kedatangan Wapres RI. SKPD Pemkot Surabaya juga terlibat.
Total Peserta siswa, Pegawai, dan Masyarakat lebih kurang enam belas ribu dalam HPSN di Surabaya. Sebenarnya ada Kota lain yang juga akan ditempati yaitu Balikpapan. Namun Surabaya lebih siap.
Untuk menyambut RI-2 diikutkan Siswa yang memakai Pakaian Daur Ulang sebanyak 455 di lapangan luar.
Di dalam Gedung yang telah disiapkan dengan warna merah muda, diisi dengan Paduan Suara, Tari Remo, Yel-yel Daur Ulang, Jingle Daur Ulang, dan Orkestra dengan jumlah peserta lebih kurang 350 siswa.
Penghargaan diberikan kepada Bank Sampah di Jawa Timur, juga Penghargaan lain dari Menteri LHK secara langsung oleh Ibu Siti Nurbaya.
Dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, berupa Alat Penangkap Ikan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) KEPITING Kec. Bulak.
Khusus Walikota Surabaya mendapat Bantuan dari Menteri Kesehatan berupa Polybag, Masker, Sepatu Boots, dan Sarung Tangan.
Saat diwawancari oleh Wartawan, Ibu Menteri LHK tertarik dengan YEL-YEL dan Jingle tentang Daur Ulang.
HPSN diperingati setiap tanggal 21 Februari.