Pelatihan Jurnalistik bersama detikcom
Pelatihan Jurnalistik bersama detikcom (cak uglu)
Surabaya - Kehausan akan ilmu dan pengetahuan arek - arek suroboyo yang tergabung dalam komunitas #lovesuroboyo terkait kegiatan tulus menulis sebagai nitizen jurnalism di divisi liputan yang membawa mereka hingga di detik.com , Rabu 10/5/17
Spesial tim liputan love suroboyo dan E-Magazine malam ini menghabiskan waktu diruang eksklusif kantor detik.com Jl. Mangkunegara. Surabaya untuk mengikuti pelatihan jurnalistik
Mereka ditempa dan dibimbing langsung oleh mas budi sugiharto atau biasa dipanggil mas uglu pemimpin redaksi detik.com yang notabene anggota komunitas #lovesuroboyo
Semangat belajar yang mereka tuangkan dalam rasa keingintahuan untuk lebih tahu dan lebih tahu lagi dengan menggali sebanyak mungkin yang dipunyai oleh mas uglu untuk ditransfer ke peserta sejenak melupakan waktu yang berlalu dengan sangat cepat dan tak terasa
Trik dan tips menjadi seorang nitizen jurnalism yang dipaparkan mas uglu seakan menghipnotis peserta untuk bisa mempraktekkan langsung tulisannya menjadi sebuah artikel apapun berita .
Penulisan berita berbeda dengan tulisan lainnya
- penulis berita harus :
1. paham penguasaan masalah --> googling biar paham. Sblm mencari berita harus baca dulu ttg apa yg mau ditanyakan ke narasumber--> buat guideline atau panduan
2 data primer & data sekunder digali mendalam
3 ekonomi bahasa --> ga ush bertele-tele, hemat kata tp bs mencakup smua
4.fokus pada objek beritanya
5.10-20 menit dalam mengeluarkan tulisan --> harus cepet krn khalayak haus akan berita
6, tulisan harus berkualitas dan berkredibilitas, caranya :
1. Informasi bisa dipercaya
2. Kompetensi nara sumber diperhatikan
3. Kekayaan data dan kebenaran data --> klo misalnya kita cari data lbh baik dr sumber asli ga jiplak. Selama berita jadi caption aja ga masalah tapi kalo jadi tulisan resmi jangan sampe njiplak tanpa editing
4. Harus jujur
News itu terbagi 3
-a. Straight news -->berita lgsg biasanya untuk mengabarkan suatu peristiwa yang terjadi skali dan segera, cepat isinya lugas. Kalo starck news lbh menekankan pada what, who, where, when,. Sedangkan why dan how melengkapi saja
Bisa digambarkan penulisannya sprti piramida terbalik bagian atas what who where when dan diakhiri dengan why dan how
- Memulai kata pertama dari objek atau subjek brita sebagai lead
- 250-300 karakter
- judul tegas, lugas, padat
- buat lead yang menarik. Lead ga boleh "selingkuh" jadi ga boleh ada dua kata penguat berita yg berbeda dalam satu lead
-b. depht news --> lbh memperdalam di how dan why
-c. Features atau Soft News --> ga dibahas mendalam pas pelatihan
Semangat terus berkarya !
Demi kemajuan bangsa .
Jaya terus Indonesia!
Kenali dan peduli kotamu !
#lovesuroboyo
Surabaya - Kehausan akan ilmu dan pengetahuan arek - arek suroboyo yang tergabung dalam komunitas #lovesuroboyo terkait kegiatan tulus menulis sebagai nitizen jurnalism di divisi liputan yang membawa mereka hingga di detik.com , Rabu 10/5/17
Spesial tim liputan love suroboyo dan E-Magazine malam ini menghabiskan waktu diruang eksklusif kantor detik.com Jl. Mangkunegara. Surabaya untuk mengikuti pelatihan jurnalistik
Mereka ditempa dan dibimbing langsung oleh mas budi sugiharto atau biasa dipanggil mas uglu pemimpin redaksi detik.com yang notabene anggota komunitas #lovesuroboyo
Semangat belajar yang mereka tuangkan dalam rasa keingintahuan untuk lebih tahu dan lebih tahu lagi dengan menggali sebanyak mungkin yang dipunyai oleh mas uglu untuk ditransfer ke peserta sejenak melupakan waktu yang berlalu dengan sangat cepat dan tak terasa
Trik dan tips menjadi seorang nitizen jurnalism yang dipaparkan mas uglu seakan menghipnotis peserta untuk bisa mempraktekkan langsung tulisannya menjadi sebuah artikel apapun berita .
Penulisan berita berbeda dengan tulisan lainnya
- penulis berita harus :
1. paham penguasaan masalah --> googling biar paham. Sblm mencari berita harus baca dulu ttg apa yg mau ditanyakan ke narasumber--> buat guideline atau panduan
2 data primer & data sekunder digali mendalam
3 ekonomi bahasa --> ga ush bertele-tele, hemat kata tp bs mencakup smua
4.fokus pada objek beritanya
5.10-20 menit dalam mengeluarkan tulisan --> harus cepet krn khalayak haus akan berita
6, tulisan harus berkualitas dan berkredibilitas, caranya :
1. Informasi bisa dipercaya
2. Kompetensi nara sumber diperhatikan
3. Kekayaan data dan kebenaran data --> klo misalnya kita cari data lbh baik dr sumber asli ga jiplak. Selama berita jadi caption aja ga masalah tapi kalo jadi tulisan resmi jangan sampe njiplak tanpa editing
4. Harus jujur
News itu terbagi 3
-a. Straight news -->berita lgsg biasanya untuk mengabarkan suatu peristiwa yang terjadi skali dan segera, cepat isinya lugas. Kalo starck news lbh menekankan pada what, who, where, when,. Sedangkan why dan how melengkapi saja
Bisa digambarkan penulisannya sprti piramida terbalik bagian atas what who where when dan diakhiri dengan why dan how
- Memulai kata pertama dari objek atau subjek brita sebagai lead
- 250-300 karakter
- judul tegas, lugas, padat
- buat lead yang menarik. Lead ga boleh "selingkuh" jadi ga boleh ada dua kata penguat berita yg berbeda dalam satu lead
-b. depht news --> lbh memperdalam di how dan why
-c. Features atau Soft News --> ga dibahas mendalam pas pelatihan
Semangat terus berkarya !
Demi kemajuan bangsa .
Jaya terus Indonesia!
Kenali dan peduli kotamu !
#lovesuroboyo
No comments:
Post a Comment