ASYIKNYA MENGGAMBAR,MENGGUNTING DAN MENEMPEL





Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.Dengan Tujuan agar Peserta didik tidak hanya menghafal,melafadkan juga diajak mengenal,memahami dan mengetahui bentuk tulisan lafadz Allah.
                                     









Sering kali, kita melarang anak memegang gunting karena takut tangannya terluka. Si kecil pun jarang dianjurkan melakukan kegiatan tempel-menempel dengan alasan lem yang digunakan bisa membuat tangannya jadi kotor dan lengket. Padahal semua alasan itu tak perlu dikhawatirkan lagi karena saat ini sudah tersedia gunting yang dirancang sedemikian rupa sehingga relatif aman bila digunakan si kecil. Kegiatan menempel pun bisa disiasati tanpa lem. Sediakan saja lembaran stiker, lengkap dengan buku aktivitasnya untuk kegiatan tempel-menempel.

Lagi pula, seperti dikatakan Dra. Sandra Talogo, Psi. MSc., dari Spectrum Treatment and Education Centre, Bintaro, Banten ada banyak manfaat yang akan didapat si kecil dari kegiatan menggunting dan menempel. Inilah beberapa di antaranya:

1. Melatih motorik halus.

Menggerak-gerakkan gunting, mengikuti alur guntingan kertas merupakan kegiatan yang efektif untuk mengasah kemampuan motorik halus anak. Begitu juga dengan kegiatan menempel. Membuka perekat lalu menempelkan ditempat yang sudah ditentukan membuat jari jemari anak jadi lebih terlatih.

2. Melatih koordinasi tangan-mata, dan konsentrasi.

Semua ini bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan otak yang lebih maksimal mengingat di usia ini merupakan masa pertumbuhan otak yang sangat pesat.

3. Meningkatkan kepercayaan diri.

Ketika anak berhasil menggunting dan menempel, dia akan melihat hasilnya. Hal ini merupakan suatu reward positif yang akan meningkatkan kepercaya dirinya untuk melakukan kegiatan itu kembali.

4. Lancar menulis.

Gerakan-gerakan halus yang dilakukan saat latihan menggunting dan menempel kelak akan membantu anak lebih mudah belajar menulis. Anak-anak SD yang sangat kaku memegang pensil dan yang tulisannya tidak beraturan, bisa jadi akibat kemampuan motorik halusnya tidak dilatih dengan baik sewaktu kecil.

5. Ungkapan ekspresi.

Menggunting dan menempel dapat menjadi sarana untuk mengungkapkan ekspresi dan kreativitas anak.

6. Mengasah kognitif.

Koordinasi mata dan tangan pada kegiatan menggunting dan menempel akan menstimulus kerja otak sehingga kemampuan kognitif anak pun akan makin terasah.