ASYIKNYA MENGGAMBAR,MENGGUNTING DAN MENEMPEL
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.Dengan Tujuan agar Peserta didik
tidak hanya menghafal,melafadkan juga diajak mengenal,memahami dan mengetahui bentuk
tulisan lafadz Allah.
Sering kali, kita melarang anak memegang gunting
karena takut tangannya terluka. Si kecil pun jarang dianjurkan melakukan
kegiatan tempel-menempel dengan alasan lem yang digunakan bisa membuat
tangannya jadi kotor dan lengket. Padahal semua alasan itu tak perlu
dikhawatirkan lagi karena saat ini sudah tersedia gunting yang dirancang
sedemikian rupa sehingga relatif aman bila digunakan si kecil. Kegiatan
menempel pun bisa disiasati tanpa lem. Sediakan saja lembaran stiker, lengkap
dengan buku aktivitasnya untuk kegiatan tempel-menempel.
Lagi pula, seperti dikatakan Dra. Sandra Talogo, Psi. MSc., dari Spectrum Treatment and Education Centre, Bintaro, Banten ada banyak manfaat yang akan didapat si kecil dari kegiatan menggunting dan menempel. Inilah beberapa di antaranya:
1. Melatih motorik halus.
Menggerak-gerakkan gunting, mengikuti alur guntingan kertas merupakan kegiatan yang efektif untuk mengasah kemampuan motorik halus anak. Begitu juga dengan kegiatan menempel. Membuka perekat lalu menempelkan ditempat yang sudah ditentukan membuat jari jemari anak jadi lebih terlatih.
2. Melatih koordinasi tangan-mata, dan konsentrasi.
Semua ini bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan otak yang lebih maksimal mengingat di usia ini merupakan masa pertumbuhan otak yang sangat pesat.
3. Meningkatkan kepercayaan diri.
Ketika anak berhasil menggunting dan menempel, dia akan melihat hasilnya. Hal ini merupakan suatu reward positif yang akan meningkatkan kepercaya dirinya untuk melakukan kegiatan itu kembali.
4. Lancar menulis.
Gerakan-gerakan halus yang dilakukan saat latihan menggunting dan menempel kelak akan membantu anak lebih mudah belajar menulis. Anak-anak SD yang sangat kaku memegang pensil dan yang tulisannya tidak beraturan, bisa jadi akibat kemampuan motorik halusnya tidak dilatih dengan baik sewaktu kecil.
5. Ungkapan ekspresi.
Menggunting dan menempel dapat menjadi sarana untuk mengungkapkan ekspresi dan kreativitas anak.
6. Mengasah kognitif.
Koordinasi mata dan tangan pada kegiatan menggunting dan menempel akan menstimulus kerja otak sehingga kemampuan kognitif anak pun akan makin terasah.
Lagi pula, seperti dikatakan Dra. Sandra Talogo, Psi. MSc., dari Spectrum Treatment and Education Centre, Bintaro, Banten ada banyak manfaat yang akan didapat si kecil dari kegiatan menggunting dan menempel. Inilah beberapa di antaranya:
1. Melatih motorik halus.
Menggerak-gerakkan gunting, mengikuti alur guntingan kertas merupakan kegiatan yang efektif untuk mengasah kemampuan motorik halus anak. Begitu juga dengan kegiatan menempel. Membuka perekat lalu menempelkan ditempat yang sudah ditentukan membuat jari jemari anak jadi lebih terlatih.
2. Melatih koordinasi tangan-mata, dan konsentrasi.
Semua ini bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan otak yang lebih maksimal mengingat di usia ini merupakan masa pertumbuhan otak yang sangat pesat.
3. Meningkatkan kepercayaan diri.
Ketika anak berhasil menggunting dan menempel, dia akan melihat hasilnya. Hal ini merupakan suatu reward positif yang akan meningkatkan kepercaya dirinya untuk melakukan kegiatan itu kembali.
4. Lancar menulis.
Gerakan-gerakan halus yang dilakukan saat latihan menggunting dan menempel kelak akan membantu anak lebih mudah belajar menulis. Anak-anak SD yang sangat kaku memegang pensil dan yang tulisannya tidak beraturan, bisa jadi akibat kemampuan motorik halusnya tidak dilatih dengan baik sewaktu kecil.
5. Ungkapan ekspresi.
Menggunting dan menempel dapat menjadi sarana untuk mengungkapkan ekspresi dan kreativitas anak.
6. Mengasah kognitif.
Koordinasi mata dan tangan pada kegiatan menggunting dan menempel akan menstimulus kerja otak sehingga kemampuan kognitif anak pun akan makin terasah.
No comments:
Post a Comment