FESTIFAL RUJAK ULEK 2014

 


Sudah menjadi tradisi sejak tahun 2011yang lalu festifal rujak uleg digelar di surabaya dalam rangka HUT kota Surabaya , begitu pula saat ini minggu. 18 mei 2014 di Kya – Kya kembang jepun Surabaya diadakan Festival Rujak Uleg Internasional dikarenakan yang ikut Festival Rujak Uleg  tidak hanya penduduk lokal surabaya namun ada beberapa perwakilan dari negara – negara tetangga yang ikut memeriahkan Festival Rujak Uleg  kali ini , kegiatan menarik yang bisa dilihat banyak peserta dengan kostum unik, menyajikan beragam kreasi rujak uleg yang dijamin lezat.
Rujak uleg adalah jenis rujak yang siraman sausnya terbuat dari saus petis, kacang, cabe dan bawang putih. Semuanya digerus menjadi satu sebagai siraman. Rujak uleg itu mirip-mirip rujak cingur, isinya sayuran ada juga yang buah-buahan.
Rujak uleg terdiri atas dua jenis, yaitu sayur dan buah. Rujak uleg sayur biasanya menggunakan mentimun, taoge, kangkung, lontong, tahu dan tempe. Mirip seperti gado-gado. Sementara itu, rujak uleg buah sama seperti rujak buah lainnya, yaitu terdiri dari mangga muda, belimbing, kedondong, pepaya, mentimun, jambu air, dan bengkoang. Bedanya, rujak uleg buah memiliki saus yang lebih manis ketimbang rujak uleg sayur, karena menggunakan gula aren lebih banyak.
Rujak uleg itu lebih enak dimakan pedas. Sebagai salah satu makanan tradisional yang ada di Jawa Timur, sebuah festival untuk memperkenal makanan ini. Adalah Festival Rujak Uleg nama festival tahunan yang rutin digelar di Surabaya. Bisa dibilang, Festival Rujak Uleg adalah pesta rakyat Surabaya. Ada sekitar 1.500 peserta berkumpul setiap tahunnya untuk memeriahkan acara ini. Biasanya, peserta rujak uleg berasal dari penduduk lokal atau datang dari luar Surabaya, bahkan ada yang dari luar negeri!
Yang membuat Festival Rujak Uleg lebih menarik, para peserta harus mengenakan pakaian tertentu dan unik. Tujuannya satu, untuk menambah keceriaan festival. Jadi jangan kaget kalau ketika datang ke Festival Rujak Uleg, Anda melihat banyak peserta yang mengenakan pakaian tentara atau nelayan. Bahkan, tak sedikit yang mengenakan kostum badut, Gatot Kaca atau kostum tokoh pewayangan lainnya.
Di festival rujak uleg ini, kalian bisa mencicipi atau bisa di katakan minta rujak uleg bikinan para peserta secara gratis!